Arab Saudi Beli 5% Saham Nintendo Seharga Rp40 Miliar, Kenapa?

nintendo logo

Arab Saudi sekarang memiliki 5,01% dari Nintendo, menjadikannya pemegang saham terbesar kelima perusahaan Kyoto tersebut, menurut laporan Bloomberg. Financial Times menghitung investasi Saudi senilai $ 2,98 miliar atau Rp40 Miliar.

Pembelian dilakukan oleh Public Investment Fund, dana kekayaan berdaulat yang melakukan investasi atas nama kerajaan. PIF dikendalikan oleh putra mahkota kontroversial Arab Saudi dan penguasa efektif, Mohammed bin Salman.

Seorang juru bicara Nintendo mengatakan kepada Bloomberg bahwa mereka telah mengetahui tentang investasi dari laporan berita dan tidak akan berkomentar lebih lanjut.

Ini hanyalah yang terbaru, paling terkenal, dan terbesar dalam serangkaian investasi yang dilakukan oleh PIF Arab Saudi di industri video game, yang memiliki fokus khusus pada perusahaan Jepang (sebagian karena yen yang lemah). tahun, ia mengakuisisi 5% saham di Capcom dan Nexon (yang merupakan Korea Selatan, tetapi diperdagangkan di bursa saham Tokyo).

Pada akhir 2020, PIF melakukan investasi $ 3 miliar dalam saham yang lebih kecil di raksasa penerbitan game Amerika EA, Activision Blizzard , dan Take-Two. Sebuah anak perusahaan dari yayasan putra mahkota juga memiliki hampir semua pengembang Metal Slug dan The King of Fighters SNK.

Kenapa Arab Saudi Beli Saham Nintendo?

Minyak dan gas menyumbang 70% dari ekspor Arab Saudi dan setengah dari produk domestik brutonya, maka PIF ada untuk meningkatkan kekayaan rezim Saudi, dan untuk membantu melindungi ekonomi Saudi saat dunia beralih dari minyak sebagai sumber energi.

Video game adalah area investasi yang menonjol untuk PIF, meskipun jauh dari satu-satunya. Salah satu investasi terbesarnya adalah $ 3,5 miliar, 5% saham di Uber. Ia memiliki investasi saham yang lebih kecil di Disney, Facebook, dan Boeing. Di 2021, PIF memimpin konsorsium yang membeli Newcastle United Football Club, Liga Utama Inggris.

Analis berbeda pendapat tentang alasan investasi video game PIF. Beberapa menyarankan mereka murni spekulasi, perjudian pada gelombang konsolidasi bergulir melalui industri game saat ini. (PIF berdiri untuk membuat keuntungan pada saham Activision Blizzard jika $ 70 miliar Akuisisi Microsoft berhasil, meskipun investor pemberani yang melihat Nintendo sebagai target akuisisi.) 

Yang lain berpikir bahwa Arab Saudi tertarik untuk membangun industri kontennya sendiri dan ingin belajar dari perusahaan di sektor ini. menyelaraskan negara yang tidak demokratis dan represif lebih dekat dengan budaya global.

Namun, sebagian besar perusahaan akan ragu untuk menyambut penyelarasan itu, dan momok Arab Saudi yang menggunakan pengaruhnya di panggung budaya global adalah hal yang mengkhawatirkan.

Kontroversi Mohammed bin Salman

Bin Salman telah dianggap bertanggung jawab atas pembunuhan jurnalis pembangkang Washington Post Jamal Khashoggi. Dan di bawah kepemimpinannya Pemerintah Arab Saudi telah melanjutkan catatan buruk pelanggaran hak asasi manusia.

Hukuman fisik, penyiksaan dan hukuman mati digunakan secara teratur di negara ini; ada tindakan keras terus-menerus terhadap protes, perbedaan pendapat dan kebebasan berekspresi; perempuan didiskriminasi, dan LGBTQ orang dikriminalisasi dan dianiaya.