Gaya Rambut Cowok Curtain Hair, Model Mana yang Cocok Sama Kamu?

curtain hairstyle
 

Setiap dekade memiliki potongan rambut khas. Tahun lima puluhan memiliki rambut pendek, punggung dan samping yang rapi, tahun tujuh puluhan memiliki rambut panjang dan cambang, tahun delapan puluhan memiliki belanak.

Pada tahun sembilan puluhan, itu semua tentang gaya rambut tirai, alias potongan rambut eboy atau curtain hair.

Dipakai oleh semua orang mulai dari David Beckham dan Brad Pitt hingga anggota boyband yang tak terhitung jumlahnya dan pria dari Dawson's Creek, itu adalah gaya untuk calon kekasih dan generasi pria yang semakin nyaman dengan gagasan dandan.

Gaya rambut gorden yang harus kamu lewatkan atau lupakan, adalah gaya di mana rambut di bagian atas kepala tumbuh menjadi pinggiran dan ditentukan oleh belahan tengah yang kuat di sepanjang bagian tengah. Ini floppy, perawatannya cukup tinggi, dan itu salah satu potongan rambut paling populer untuk pria saat ini.

Pandangan sekilas pada koleksi musim semi dari sejumlah merek akan mengkonfirmasi kebangkitan mode tahun sembilan puluhan masih berlangsung kuat, dan dengan itu adalah potongan rambut yang mendefinisikan dekade ini.

Tapi itu bukan comeback pertama, karena sejarah curtain hair kembali lebih jauh dari pergantian abad ini.

Sejarah Potongan Rambut Eboy

“Itu adalah potongan rambut yang sangat populer di kalangan pria pada akhir abad ke-19,” jelas Josh Gibson, kepala sekolah di Sassoon Academy, “dengan ikon terkenal seperti penulis Oscar Wilde dan artis Aubrey Beardsley yang memakai gaya ini. 

Tren berlanjut di kalangan pria kelas pekerja sampai akhir tahun 1920-an, dan kemudian kembali sebentar ketika budaya hippie menyebar dari Amerika pada tahun 1960-an.”

Baca juga: Top 10 Potongan Rambut Cowok yang Tak Lekang Zaman

Kebangkitan potongan rambut eboy tahun 1990-an datang dengan munculnya band-band grunge dan indie lokal. Vokalis Happy Mondays Shaun Ryder, penyanyi Placebo Brian Molko dan bassis Blur Alex James adalah juara gorden yang terkenal. 

Kemudian boy band mengambil alih; Take That memakainya (selain Gary, yang masih dalam fase canggungnya) dan Westlife, bersama dengan setiap bintang TV remaja (lihat Jared Leto, langsung dari tabung reaksi, di My So-Called Life) dan tampilan kemudian disaring hingga remaja dan seterusnya.

Cara Memakai Potongan Curtain Hair Hari Ini

Kembali di tahun sembilan puluhan, potongan pria bagian tengah ini terlihat paling baik pada orang-orang dengan rambut lurus lurus, dan biasanya apa yang orang pikirkan ketika gaya eboy muncul. Jenis rambut ini menekankan belahan kuat yang menentukan tampilan, tetapi tidak semua orang memiliki jenis rambut atau potongan yang tepat (lihat Olly Murs). 

Itu tidak menghentikan mereka untuk mengejar potongan rambut eboy, dan itu juga tidak menghentikan Anda, karena gorden modern telah berevolusi. Faktanya, tampilan floppy dengan perpisahan yang kaku tidak benar-benar menguntungkan siapa pun, dan sekarang, sedikit tekstur adalah teman Anda.

“Tampilan eboy dapat diperbarui dengan membuatnya lebih personal untuk Anda,” kata Gibson. “Ini cenderung sesuai dengan bentuk wajah yang lebih sempit dan kekanak-kanakan tetapi dapat di-undercut agar terlihat lebih ramping di wajah. 

Pada dasarnya, potongan rambut ini paling cocok untuk seseorang dengan belahan tengah atau offset yang alami.” Bonus tersembunyi dari hubungan cinta kami baru-baru ini dengan potongan rambut quiff berarti bahwa sebagian dari kita mungkin memiliki sisa panjang di bagian atas. 

Cukup berhenti merapikannya kembali dan biarkan terlepas dan voilaà kamu sudah mendapatkan fondasi untuk gorden.

Apa yang Harus Ditanyakan?

Pertama, kenali panutan gorden favorit kamu dan tanyakan pada diri kamu apakah kamu memiliki jenis rambut yang serupa. Tidak ada gunanya mengadopsi gaya jika itu tidak cocok untuk rambut kamu. 

Itu hanya berarti lebih banyak kerumitan dan waktu yang dihabiskan untuk menatanya (kecuali jika kamu ingin menggunakan opsi yang lebih radikal seperti perawatan relaksasi permanen atau undercut, yang dapat membuat penampilan yang mustahil terlihat sampai sekarang menjadi mungkin).

“Jika rambut Anda keriting atau bergelombang, mungkin lebih baik memilih versi yang sedikit lebih panjang untuk menghindari tampilan yang benar-benar seperti jerami,” saran Gibson. 

Ilalang yang dia maksud terjadi ketika rambut yang sangat tebal diberi bentuk baji di bawahnya atau tidak ditata dengan benar di atasnya. Ada kasus di sini untuk undercut jika kamu menginginkan tampilan tetapi rambut kamu super tebal.

“Dengan rambut yang lebih lurus, mungkin yang terbaik adalah meminta penata rambut Anda untuk menjaga panjangnya di tulang pipi, karena ini akan membingkai wajah,” kata Gibson. 

Kamu dapat membiarkannya panjang dan berlapis di bagian belakang, atau mengambil panjang tepat di atas telinga dan menjaganya tetap ketat di samping untuk tampilan klasik.

Cara Menata Gaya Curtain Hair

Untuk siapa pun yang saat ini bergidik mengingat tirai keriting seperti jerami, ambil hati dari fakta bahwa produk rambut saat ini sekitar jutaan kali lebih baik daripada saat itu, ketika semprotan garam, lilin matte, minyak rambut, dan setrika pelurus tidak ada . Faktanya, di tahun sembilan puluhan tidak banyak yang berbeda dari gel yang terlihat basah, mousse renyah, dan semprotan rambut saat bepergian.

Pria dengan rambut keriting terutama memilikinya kasar, kata Gibson, yang merekomendasikan "biarkan rambut keriting dan bergelombang kering secara alami dan gunakan Minyak Iluminasi dalam jumlah banyak oleh Sassoon Professional, atau Sassoon Curl Form untuk mendapatkan tampilan yang kumuh."

Kami telah berbicara tentang mencuci bersama sebelumnya (tidak menggunakan sampo setiap hari untuk mencuci dengan kondisioner), dan ini dapat membantu mengurangi rambut kusut dan
memberikan definisi ikal.

Untuk rambut lurus, paling mudah untuk membuatnya dipoles: “Gunakan lebih sedikit produk dan keringkan ke bawah dan ke depan menggunakan sikat ventilasi untuk menjaga folikel tetap rata dan untuk menghentikan rambut yang berterbangan,” kata Gibson.

Kunjungi tukang cukur kamu sesering biasanya, bahkan jika kamu sedang menumbuhkannya. Dan jangan pernah menggunakan gel, atau berisiko terlihat seperti Peter Andre.